Sebagai makhluk sosial yang ramah tamah terhadap lingkungan, peduli terhadap cuaca dan rajin mengikuti kegiatan sosial seperti gotong roy...
Sebagai makhluk sosial yang ramah tamah terhadap lingkungan, peduli terhadap cuaca dan rajin mengikuti kegiatan sosial seperti gotong royong, tentunya gw mempunyai sosok yang disebut teman(lho? ga ada hubungannya keles). Maksud gw, sebagai manusia tentu kita semua memiliki yang namanya teman, mau teman sepermainan kek, teman tapi mesra kek, teman yang makan teman kek(sumanto) ataupun temenan sama kakek-kakek. Bebas, kita berhak mempunyai teman. Apapun bentuknya, yang penting minumnya teh botol sosrott(lho?). Gw ga bisa mendefinisikan lebih rinci apa itu teman mungkin Roy Suryo lebih tahu tentang hal ini. Kita semua pasti mempunyai banyak teman, tapi kita harus tahu mana yang benar-benar teman. Menurut gw yang benar-benar temen itu, orang yang tahu dan memahami dengan kekurangan kita dan mau berbagi dalam kondisi seperti apapun, itulah teman. Kalo yang bibirnya sedikit melebar dan sering dijadiin "mainan" sama abdel itu namanay temon bukan teman. Kalian harus bisa bedakan.
Saat ini gw punya 2 temen akrab. Keduanya memiliki perbedaan dalam karakter, yang satu alim dan satu lagi ga alim. hahaha. Mereka berdua seperti malaikat jahat dan baik yang selalu memberikan masukan-masukan yang berbeda ke gw, yang satu nyuruh kearah yang benar, yang satu lagi menyuruh kearah yang sedikit benar. Ya sedikit banget benernya. Walaupun mereka tumbuh seperti manusia yang biasanya, dengan melalui fase-fase tertentu, tapi mereka ini kadang mempunyai kelakuan absurd. Pertama Putex dia memiliki kelebihan bisa berjalan dengan telapak tangan. Satu lagi Ali, dia bisa berjalan dengan kaki sambil bersiul dan mainin hape(ini normal kali ya).
***
Sering dipanggil Putex. Ga tau kenapa, yang jelas katanya nama itu udah melekat sejak ketiaknya belum ditumbuhi bulu dan kutu. Setidaknya nama panggilan Putex sedikit lebih
keren di bandingin Paimin, Paijok, ataupun Juned. Oke stop, Juned nama bokap
gw! Menurut dia, mukanya itu ga jauh beda dengan Vino G String Bastian. Dengan badan sedikit atletis, tegap
dan mata beringas. Yang membedakan mungkin di rambut. Yaa Putek memiliki rambut sedikit
kriwel, tapi ini ga menghilangkan keeksotisannya.
"Sebenarnya rambut gw sangat lurus, men" begitulah biasanya Putek meyakinkan temen-temennya.
Iya tek, tapi lu butuh waktu
2-3 jam gitu untuk 'bertarung' bersama catokan. ga tau catokan? wahhh katro lu.
Memang banyak banget yang bilang dia mirip sama si Vino, dari
kakeknya, neneknya, nyokapnya, bahkan gw juga(terpaksa) mengakui kalo Putek itu mirip sama Vino*setelah disogok PIN cewek cantik. Tapi dulu, kalo kenalan sama cewek dia ga mau ngenalin diri dengan
nama Putra, Dwika, atau Arjuna sekalipun. Pasti ngenalin dengan nama Vino ya?
bukan juga. Dia kalo sama cewek selalu ngenalin diri dengan nama Eno. Yapps, sebenernya do'i ngefans sama bang eno netral, saking
ngefansnya semua bajunya, dibikin ala baju bang eno. Tau kan lu yang
pinggirnya dirobek gede. Bahkan baju muslimnya juga dirombak seperti itu. Kalo ditanya kenapa pilih nama Eno? Putek pasti menjawab.
"karena kerennnn, dan jauh lebih keren dari nama Paimin" dengan tampang serius dan mendesah.
coba perhatikan:
Udah cukup lama gw menjalin pertemanan sama Putex. Mungkin dari zaman batu gede, dimana candi-candi dan prasasti masih dalam proses pembuatan. Dia temen satu kampung gw, dan kami kenal saat masih berseragam putih biru, ya, kami satu SMP dulunya. Dan sampe sekarang kita masih temenan,dari SMP bareng, SMA bareng, merantau bareng dan mungkin nanti ke KAU juga bareng. Soal selisih paham, itu sering banget terjadi antara kami. Kadang kalo lagi 'ribut', kita sering diem-dieman. Kalo lagi duduk bareng juga kadang dieman laamaaaaaaa banget. Ga lama Putex kentut, terus gw pun ikutan kentut dan kita pun perang kentut. untuk kemudian damai setelah sama-sama berak dicelana. Seru kan pertemanan kita. Next!
"karena kerennnn, dan jauh lebih keren dari nama Paimin" dengan tampang serius dan mendesah.
coba perhatikan:
"hey cewek, kenalin nama gw Paijok" sambil mainin
alis dan menyisir rambut klimis.
Coba diralat si Paijok diganti
Eno.
"hey cewek, kenalin nama gw Eno" sambil pasang
wajah kul.
Gimana perbandingannya, kerenan dengan nama Eno kan? inilah alasan utama Putek menggunakan nama Eno. Dan
setiap cewek yang dia ajak kenalan dengan nama Eno pun, ga pernah keberatan
dengan nama(kenalan)nya yang keren itu. Belakangan do'i tau bahwa ga semua yang nama Eno itu keren, ternyata ada tukang ojek baru disimpang deket kontrakannya juga bernama Eno. Akhirnya, sejak hari itu dia stop untuk menggunakan nama Eno untuk kenalan sama cewek. Entahlah, nama apa lagi yang bakal dipake Putek nantinya.
***
Kemudian satu lagi temen gw Ali, ini dia yang alimnya. Dia keturunan jawa dengan muka seperti orang arab, hidung mancung dan hafal alqur'an. Bahkan saking alimnya untuk sekedar kentut aja dia harus baca bismillah. Nama aslinya Ali Sastro Amijoyo, ga tau apa motivasinya disetiap akun sosial medianya dia selalu menggunakan nama Ali B. Wahab. Katanya sih, biar kayak sahabat nabi gitu, Ali Bin Wahab Bin Sa'udi Bin Abdul Khodir Bin Haji Muhidin. Kita sama-sama bertemu dalam satu kerjaan dan udah 2 tahun ini kita bertiga selalu bareng. Gw biasa manggil dia dengan sebutan Mon, dan dia biasa manggil gw Nyet. Kita berdua ibarat couple yang pake nama panggilan gitu, tapi sayangnya nama panggilan kita ini adalah nama seekor primata.Tragis! Memang sangat intim sekali MonNyet berdua ini. Ali orangnya alim, seperti yang gw ceritain tadi, bahkan disaat lagi nongkrongpun dia ga ketinggalan dengan yang namanya sholat. Itulah hebatnya seorang Ali B. Wahab.Dan itu kadang sukses membuat gw sama Putex malu dengan diri sendiri. Tunggu saja li semoga suatu saat kita bisa sholat berjamaah bareng. Aciiiiiiiiiiiiiiiiiaaaaaaaaaaah. Ali sering jadi penengah, jika diantara kami lagi ada masalah. Terutama dalam masalah keuangan. Dia ga pernah ngeluh setiap gw atau Putex mengutarakan keinginan di tanggal tua. Ya, ngutang.
biasanya,
Gw : "Gila, cakep banget Ali hari ini. Ya ga tek?"
Putek: "Ho'oh ga sia-sia kita punya temen kayak dia ya, Mel".
Ali : "Biasa aja kali, emang biasanya juga gw cakep kayak gini". Sambil gerakin kerah baju(kebiasaan)
Putek: "asiiiik, gw suka gaya lu"
Ali : "iya, tapi gw ga suka muka lu"
Gw : hanya bisa tertawa sambil nutupin mulut
biasanya kalo udah gini, kita langsung to the point nyatain cinta niat kita buat ngutang.
"Lu pada mah, Ngerepotin aja, sekali-sekali kek bikin gw bahagia". biasanya itu yang diucapkan Ali kalo dia sudah mulai 'lelah', tapi dengan nada becanda. Walaupun gitu dia tetep memberikan bantuan ke kita. Emang baik banget kan temen gw yang satu ini.
Itulah temen-temen gw yang issssstimewahhhh. Kita ga bakal bisa berdiri sendiri dalam hidup, kita butuh seseorang yang disebut teman. Ya, tanpa teman kita bukanlah apa-apa. Lakukanlah teman seperti keluarga. Bantulah dia ketika sedang ada masalah, hiburlah dia ketika sedang sedih, jenguklah dia ketika sedang sakit, cebokinlah dia ketika dia sedang pup *eeeehh. Ga ya, dia udah gede dan bisa cebokin sendiri.
Itu aja yang bisa gw share kali ini, kalo kalian punya cerita tentang temen kalian, boleh share disini. :)
Itulah temen-temen gw yang issssstimewahhhh. Kita ga bakal bisa berdiri sendiri dalam hidup, kita butuh seseorang yang disebut teman. Ya, tanpa teman kita bukanlah apa-apa. Lakukanlah teman seperti keluarga. Bantulah dia ketika sedang ada masalah, hiburlah dia ketika sedang sedih, jenguklah dia ketika sedang sakit, cebokinlah dia ketika dia sedang pup *eeeehh. Ga ya, dia udah gede dan bisa cebokin sendiri.
Itu aja yang bisa gw share kali ini, kalo kalian punya cerita tentang temen kalian, boleh share disini. :)
Bonus foto gw dan entah anak siapa ini :p
![]() |
| "om bulu idung dan upilnya balapan" |



