Udah keberapa kalinya gue harus memulai postingan dengan "Sorry, udah lama banget ga nulis di blog ini" dan kemudian dilanju...
Udah keberapa kalinya gue harus memulai
postingan dengan "Sorry, udah lama banget ga nulis di blog ini" dan
kemudian dilanjutkan dengan alesan. Tapi gapapa semoga blog ini masih bisa
nerima postingan gue dan kalian masih mau mampir untuk sekedar membaca atau
memberi saran atas tulisan di blog ini. hehe. Berhubung kemaren gue sukses
dalam acara lahiran anak simpanse Mang Juhai, pemilik warteg langganan gue.
Nyang ngakunya sih mantan playboy 80-an. Akhirnya gue mendapat panggilan lagi dan
ditunjuk dalam acara perkawinan oleh temen kontrakan gue. Iya perkawinan. Udah kayak EO bagi para hewan gue ngerasain sibuknya luar biasa, makanya gue jarang
ngepost lagi.-alibi klise- Mangapin
(maaf) aku ya blogg *cipok kabel power. ga nyambung yah.
Jadi gini ceritanya, tetangga kontrakan gue
sebut saja Sastro, profesi penjual nasgor,
hobby goreng nasi dan ngadu ayam. Sedikit tentang Sastro ini, orangnya kalo
udah hobby ngejalanin sesuatu maka dia akan fanatik banget. Dulu disini
(di kontrakan gue sekarang) hampir tiap jam 2 malem kamar kontrakan dia selalu
riuh sama suara burung. Mulai dari suara burung yang merdu sampai yang fals
juga ada. Makin lama maikin aneh, bukan sekedar suara burungnyanya aja tapi
suara siulan Sastro juga ikut ada, menyatu, menciptakan paduan kicauan yang
membahana dahsyat ulala ye ye ye. Merasa terganggu, besoknya gue tanyain ke
Sastro. Selidik punya selidik, ternyata itu merupakan terapi dia buat
burung(piaraan)nya. Jadi, kalo malem kan hawanya dingin tuh, nah dia memberikan
pelatihan suaranya malem-malem biar pas siang burungnya tetep bagus suaranya
secara di malem yang dingin aja suaranya bagus. Filosofinya Sastro keren, tapi
ngaco! Sedikit masukan dari gue kalo mau lebih bagus lagi tuh burung dimandiin
dulu malem-malem biar tambah dingin dan hasilnya bakalan tambah bagus nanti. Setelah seminggu
ngikutin saran gue akhirnya sukses, 3 ekor burungnya mati dengan bijaksana.
Sebulan lebih Sastro vakum dari dunia perburungan, kini dia beralih dengan
melihara ayam. Ayam aduan tepatnya. jadi kalo lu punya ayam bawa ke kontrakan
gue, kita adu sama ayamnya Sastro.
Tiap pulang kerja gue selalu disajikan
dengan tontonan yang tidak ayamiawi, ayam-ayam jago yang ada didalem kuncup,
kakinya dikasih bandul gembok sama Sastro. Sembari lewat, kadang gue merasa
miris melihat si Jago memandangi gue seakan tereak "bunuhhh Sastro, Mel.
Bunuhhh!!". Katanya sih biar
pukulan ayamnya kuat, berton-ton. Gila, apa hubungannya coba ngasih beban berat
di kaki ayamnya biar pukulannya keras, yang ada salah urat kali tuh ayam. Bener
aja ga lama 2 ayamnya kena lumpuh dan berakhir di pasar hewan, dijual dengan
harga rendah serendah harga upilnya. Banyak lagi hal absurd yang dilakukan
Sastro untuk peliharaannya.
Kali ini gue ikut andil dalam kebegoan yang
dilakukannya.
Jum'at sore sepulang kerja:
"Mel, lu besok ada kerjaan ga?"
sembari mandiin ayamnya di pekarangan depan kosan.
"Ga ada Tro, paling geh cuma nyuci
bentar."
"Ikut gue mau ga?"
"Kemana tro? jangan yang ngga-ngga
lagi ya."
"Ntar besok tau sendiri lu, tenang aja
ngga bakal macem-macem."
gue inget terakhir diajak pergi sama sastro
ke daerah Serang, Banten cuma buat gendongin ayam jagonya terus muter balik lagi
ke kosan. Emang ga macem-macem sih. Tapi gila ga, kurang kerjaan banget dari
Balaraja (Tangerang) cuma gendong ayam ke Serang abis itu balik lagi. Ga pake
helm lagi. Katanya laki-laki keren itu naik motor ga pake helm (jangan ditiru),
ga takut jatuh, apa lagi jatuh dan tak bisa bangkit lagi. Ciyeee Chatok Khan
*chakra khan bego -_-. Ok stop! Kirain
gue mau dijual gitu, kan lumayan gue pasti dapet cipratannya.hehe. ternyata gitu doang. Sadis! Katanya ayam juga
butuh refreshing biar seger pas ketemu lawan. Tapi terapi gila yang dijalankan cukup manjur juga, besoknya pas
di adu ayamnya menang.
"Mau ga? malah bengong kayak ayam kena
sawan." Sastro membuyarkan lamunan
gue tentang ke-absurd-annya
"Iya, liat ntar besok aja Tro."
"oke, tenang aja. ada buat lu ntar
mah."
ini nih yang gue demen. hahahaha
Besoknya habis nyuci jam 8 tepat, Sastro
udah nungguin gue didepan kosan dengan seekor induk ayamnya. Tumben biasanya
ayam jago yang dibawanya, sekarang induk ayam. Gue males nanyain kenapa, ntar
panjang lagi ceritanya. Ga mau gue kalo sekedar jalan-jalan lagi buat
refreshing ayamnya.
"Gue mau kawinin babon(induk ayam) gue
ini ke ayam jago Pak RT, Mel." jelas sastro yang tau gelagat bingung gue
pas liat dia gendong induk ayamnya.
"banyak yang bilang ayam pak RT itu
asli dari Bangkok, nah babon gue ini asli Birma. Ga kebayangan kan lu kalo gue
kawinin sama ayam pak RT jadinya kayak gimana!" jelas Sastro penuh
semangat. gue cuma ngangguk-ngangguk aja. Mungkin ayam lu bakal jadi keren ya Tro, kokoknya bakal berubah jadi "swadikaaapruyuuukkkkkk!!!!!" gumam
gue.
"lah terus lu kenapa ngajakin gue?
bukannya langsung kerumah pak RT."
"nah tu dia masalahnya Mel, Pak RT-nya
ga mau. takut ayamnya tertular virus. Katanya ayam Birma banyak virusnya.
padahal kan semua ayam juga ada virusnya ya, Mel."
gue kembali cuma ngangguk-ngangguk kemudian
geleng-geleng, mental-mental, jejingkrakan. Tau lah kenapa gue bisa dapet
tetangga kontrakan yang aneh bin absurd kayak gini.
"jadi maksud lu ini gimana Tro? kita
ngawinin ayam lu diem-diem gitu sama ayam pak RT?"
Sastro ngangguk yakin.
"Tro, ini namanya pemerkosaan
berencana. gue ga mau tanggung jawab ya kalo ada apa-apa"
Ga masuk banget kalo gue masuk penjara
karena terlibat kasus pemerkosaan induk ayam terhadap ayam jago. dan gue
dituding sebagai orang ketiga yang memaksa induk ayam Sastro (pelaku) untuk memperkosa
ayam jagonya Pak RT (korban).
"Udah lu tenang aja. Keamanan lu
terjamin kalo bareng gue!!" Bujangan 28 tahun asal Brebes ini berkata
mantap untuk meyakinkan gue. Sastro sastro, sok iyee luu hahaha.
PLAN A
"kita lewat jalan belakang kandang pak
RT Mel, ntar disana lu pegang ini babon. gue yang ngegiring jagonya buat
keluar. begitu jagonya keluar lu langsung sigep bikin babon gue duduk dan
tonggengin belakangnya. siap!!?" sastro memberi instruksi cepat singkat
namun jelas bagi gue. secara kemampuan gue dalam ngawinin ayam udah terlatih
sejak berkolaborasi sama kakak ipar gue di kampung dulu.
dengan yakin gue jawab. "Siap Tro.
laksanakan!"
"oke, ayo kita berangkat ke tkp, lu
stand by dibelakang gue bro."
"siap!!"
"eh tapi kalo ntar tau-taunya pak RT
udah bangun gimana Trok?" gue sedikit ragu.
"tenang kita punya plan B, men!"
PLAN B
"kalo nanti ketahuan pak RT, kita ngaku salah aja
ya, mel. Jujur aja, karena kejujuran itu menjauhkan kita dari marabahaya."
Lah gila nih orang, ga tau lah gue mesti
ngomong apa. Gue cuma bisa ngangguk (lagi) aja. Entah udah berapa kali gue
ngangguk denger penjelasan Sastro yang super kampreeet. Untungnya posisi
kandang sama rumah pak RT terpisah, emang ada tempat khusus di belakang
rumahnya untuk dibuat kandang ayam. Jadi kita bisa tau kalo pintu dapurnya
kebuka atau ga, dari celah pagar bambu yang dijadiin pembatas rumah sama daerah
kandang.
***
Bukan mudah untuk mencapai kandang ayam
jago pak RT, melalui rintangan yang melintang akhirnya kita sampe juga di
deretan kandang ayam milik petinggi warga sini. Dari ngelompat pagar belakang
rumah yang tingginya sedengkul. Sedengkul jerapah tepatnya, gileee tembok pak
RT tingginya minta ampun, sampe melewati ribuan ranjau(baca: eek ayam) yang kapan saja bisa terinjak
oleh kami, dan itu waw banget. Menurut
perkiraan Dr. Melky Oleng, MBA. MSG. MCK, kotoran ayam atau bahasa latinnya khotocilinol aiamisys *ngasal* pada
situasi tertentu bisa menyebabkan kematian jika kita ga sengaja menginjaknya.
Kenapa? gue juga ga tahu, karena belum sempat nanya ke si dokter sih. Mungkin
kalo lu nginjeknya di atas rel kereta abis itu kereta lewat. Mungkin.
Sampai di dalem kita kembali dibingungkan
sama kandang-kandang yang sebegitu banyaknya. Gawat, yang mana nih kandang ayam
jago yang dicari Sastro. Cukup lama kami sibuk cari-cari ayam itu. Ternyata ga
ada. Ko bisa ga ada ya, gue bingung, Sastro bingung, Babon yang gue gendong juga ikutan bingung. Akhirnya semua bingung. Lu juga bingung? muehehehehe.
Masih belum puas, Sastro kembali perhatiin kandang ayam itu satu persatu.
Hasilnya tetap aja ga ada. Jangan-jangan pak RT udah tau kalo kami berniat
jahat sama ayamnya. Semua rencana gagal akhirnya kami putuskan untuk pulang.
Takutnya pak RT udah bangun dan ke kandang. Dengan muka lesu Sastro, akhirnya
kita pulang dengan kegagalan.
Sampe Depan kontrakan kita dikagetkan
dengan sesuetong, ternyata ada Pak RT lagi mainin ayam jago di halaman sambil sesekali ngusap-ngusap punggung si jago.
Gue kaget, sastro kaget, babon kaget *basi banget*.
"Ditungguin juga dari tadi Tro, kirain
masih tidur." Pak RT menyambut kami dengan senyum merekah.
Sastro dan gue berusaha santai, ga nunjuki
kalo sebenernya kami deg-degan pake banget, kalo ga percaya peganglah dadaku.
"Ada apa Pak RT? habis dari kang ujang
nih mo nawarin babon." Sastro ngeles.
"Ini, bener katanya kalo ayam bangkok
asli emang bagus kalo dikawin silang sama babon Birma, Tro."
Gue yang tadinya deg-degan jadi cengok
doang ngeliat para oom-oom ini ngobrolin ayam. Tapi, sedikit tenang, setidaknya
usaha kami buat melakukan pelecehan terhadap Jagonya pak RT ga ketahuan. hehe
Akhirnya dengan kesepakatan bagi hasil
(telor) yang nantinya ditetaskan babon Sastro, mereka setuju untuk saling
mengkawinkan ayam mereka. Bener ga sih mengkawinkan? udahlah ga penting yang
penting, semua senang semua damai dan gue tentram karena dapet Rokok sebungkus
dan kopi uyeeeah dari Sastro. hahahaha.
NB:
Ngadu ayam itu dosa!! jangan ditiru apa yang dilakukan Sastro dan Pak
RT. Kecuali kepepet :D

